Cara Aplikasi Cat Marka Thermoplastic



Berikut saya akan memaparkan cara singkat bagaimana proses aplikasi dari cat marka thermoplastic :


1.  Masukan cat marka thermoplastic ke dalam preheater sedikit demi sedikit, bertujuan agar supaya cat
     yang berada di dalam tangki tidak gosong.

2. Naikkan suhu preheater secara bertahap sampai dengan 150 derajat celcius sebagai catatan ada
    beberapa jenis cat marka yang membutuhkan suhu maksimum sampai dengan 280 derajat celcius agar
    cat marka dapat mencair dan siap di gunakan.  

3. setelah suhu mencapai suhu 150 kemudian tambah lagi cat  di preheater secukupnya, jangan lupa untuk
    tetap mengaduk preheater tiap 3 menit sekali bagi manual mixer dan kurang lebih 50 - 70 putaran
     per menit bagi mixer yang menggunakan mesin pengaduk.

4. Naikkan lagi suhu preheater sampai mencapai Suhu Ideal sesuai dengan yang di anjurkan
    pada Juknis aplikator marka ataupun sesuai dengan spesifikasi cat marka yang anda gunakan.

5. Setelah Cat cukup encer di mana cat tersebut sudah dapat mengalir dengan lancar, sekarang wktunya  untuk menuangkan cat ke dalam tangki mesin aplikator. Saat anda menuangkan cat ke dalam tangki aplikator usahakan untuk membuka pintu pengeluaran cat dari preheater secara perlahan atau tidak langsung membuka lebar pintu pengeluaran. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kecelakaan kerja di mana bila cat sudah mencapai suhu ideal  cat pertama yang keluar akan mengalir secara perlahan sedangkan 3 sampai 5 detik kemudian cat akan mengalir secara deras yang mengakibatkan cat akan mengalir keluar dari reel pengarah cat. lihat gambar di samping


6. Setelah cat di tuang jangan lupa untuk menjaga kestabilan panas pada tangki aplikator.  Bilamana api yang anda gunakan terlalu kecil maka tuas pengaduk pada tangki aplikator akan menjadi sangat susah untuk di gerakan secara manual.  Hal tersebut akan mengakibatkan anda sulit untuk melakukan pengecatan dan juga akan membuang waktu anda secara percuma.


7. Tuang Cat marka pada sepatu  Aplikator secukupnya (tergantung dari ukuran sepatu )
kemudian Cat siap untuk di gunakan. Pada saat pengaplikasian cat marka jangan lupa untuk memasang filter cat di atas sepatu, hal tersebut bertujuan untuk menghindari material padat masuk sehingga menyebabkan gagalnya pengaplikasian.




Hal - Hal yang perlu di perhatikan sewaktu mengaplikasikan cat marka thermoplastic :

1. Badan jalan  ataupun tempat yang akan di Marka tidak boleh dalam keadaan sangat kotor ataupun terdapat beberapa kotoran pengganggu seperti daun,batu, sampah plastik, ranting dan bahkan tumpahan solar ataupun minyak. Hal ini dapat menyebabkan  cat  marka akan mengelupas sendiri kurang lebih seminggu setelah aplikasi.

                          
2. Permukaan jalan Licin / Tegel
 Jika permukaan jalan atau tempat yang akan di marka terlalu Licin maka cat marka hanya akan mempunyai sifat sementara menempel dan setelah cat kering dan suhu kembali normal kurang lebih 40 derajat celcius maka cat akan mengelupas dengan sendirinya.


3. Pada saat gerimis ringan

 kebanyakan Cat marka tidak akan bisa di gunakan saat gerimis baik itu gerimis ringan ataupun hujan lebat, di karenakan permukaan asphalt telah bereaksi terlebih dulu dengan Zat asam yang terkandung dalam air hujan. Selain itu cat marka tidak bisa menempel dengan kuat di atas permukaan jalan di karenakan cat akan mengering secara cepat sebelum cat dapat meresap ke dalam pori - pori aspal.

4. Besar kecilnya api
Kebanyakan Petugas aplikator sangat lupa untuk mengecilkan api ketika cat marka yang ada di dalam tangki aplikator sudah mendekati habis, kurang lebih tinggi cat dari dasar tangki 3-5 cm. Bila anda lupa untuk mengecilkan api maka secara otomatis waktu anda aduk ataupun tidak sengaja tangki aplikator miring maka api akan membakar tangki aplikator. Hal ini di sebabkan karena molekul yang terkandung di dalam cat marka sudah sangat renggang  karena cat marka mengandung bahan yang mudah terbakar. Jadi apakah semua cat marka mudah terbakar ?  jawabanya tidak, tidak semua cat marka dapat terbakar, hal ini di pengaruhi oleh harga dan kualitas. semakin tinggi kualitas cat maka dia tidak akan mudah terbakar walaupun di jilat oleh api, hal ini sudah kami uji cobakan pada beberapa kualitas dan standard yang ada.


5. Kemiringan badan Jalan
Jika anda menemui badan jalan yang kemiringannya lebih dari biasanya (maaf ukuran pasti hanya kami berikan untuk tenaga operator kami) anda harus menyesuaikan tingkat panas cat untuk mendapatkan hasil pengecatan yang maksimum, dimana cat tidak akan mengalir sendiri dari tempat yang telah anda tentukan. contoh jika anda membuat sebuah bentuk kotak maka bentuk kotak tersebut akan menjadi tidak berbentuk bila anda tidak dapat mengendalikan suhu cat dan juga tidak bisa mengenali kemiringan badan jalan secara baik. 


6. Jenis aspal
Jenis aspal yang akan di cat sangat mempengaruhi hasil akhir dari pengecatan, jika anda melakukan pengecatan pada permukaan Hot Mix yang telah berumur di atas 5 tahun dan tidak terdapat lubang yang melebihi dari 2 cm maka anda akan mendapatkan hasil pengecatan yang sangat memuaskan asalkan anda mematuhi anjuran kami.


7. Suhu rata - rata lingkungan
Hal ini sering di lupakan oleh hampir semua operator peralatan marka, sebelum cat marka di aplikasikan lebih baik anda mengetahui terlebih dahulu suhu rata - rata dari lingkungan. sebagai contoh bilamana suhu lingkungan sekitar anda mencapai 40 derajat celcius, otomatis permukaan asphalt akan mendapatkan pemanasan 2 sampai 3 kali lipat dari suhu lingkungan. Hal ini dapat mengurangi efisiensi waktu anda dimana cat yang seharusnya mengering dalam waktu kurang dari 5 menit akan mengalami penundaan waktu sampai dengan 10 menit. Hal tersebut akan berbeda bila anda menggunakan cat thermoplastics tipe lokal, cat tipe ini biasanya berdasarkan sample yang kami dapatkan dari beberapa tempat akan cepat mengering karena cat tipe ini membutuhkan pemanasan yang lebih tinggi dari standard yang ada. berdasarkan uji bahan yang kami lakukan panas yang di butuhkan oleh cat tipe ini berkisar 300 s/d 400 sekian derajat agar cat tersebut dapat mencair dengan baik.  selain itu bisa juga dilihat bilamana umur cat sudah mencapai dua tahun ke atas, cat tipe lokal akan mengalami korosi secara cepat, untuk lebih jelas lihat gambar di bawah.


8. Tingkat kepadatan Lalu lintas
Yang satu ini berhubungan dengan kenyamana kerja dan juga keselamatan pengguna jalan yang lain. Bagi anda yang berprofesi sebagai mandor ataupun operator mesin marka harap memperhatikan tingkat kepadatan lalu lintas. Jika anda ingin mendapatkan hasil pengecatan yang bagus usahakan untuk menghindari jam - jam sibuk lalu lintas, tentunya kita tidak ingin melihat mesin aplikator marka di tabrak mobil ataupun bus. Jika kita memaksakan untuk melakukan pengecatan pada jam - jam sibuk hasil yang kita dapatkan akan sangat mengecewakan mulai dari centre line yang meliak liuk seperti ular ataupun saat kita membuat zebra cross hasilnya tidak akan rapi dan tampak seperti pagar  bambu yang kena "rayap". kami rekomendasikan agar anda mencari informasi jam - jam padat kendaraan agar anda dapat dengan leluasa bekerja tanpa kawatir tersenggol Truk ataupun bus.


Untuk Petunjuk Pemakain Cat Marka Thermoplastic Merek Megantara Dapat di lihat Di bawah ini.

Cara aplikasi cat Marka Secara benar

Cara Aplikasi Cat marka secara benar
























Berikut ini penulis akan menampilkan foto marka jalan thermoplastic  yang sudah aus(Hilang/Memudar) karena umur pemakaian akan tetapi cara aplikasi cat marka ini benar. dan mutu dari cat marka jalan thermoplastic ini baik. Serta sesuai dengan pedoman petunjuk teknis dinas perhubungan di Indonesia. silahkan lihat dibawah ini.


marka jalan pudar/hilang/aus
marka jalan rusak